Berbagi Tips Memakai Mobil di Musim Hujan

Hola hola mas broo…mbak sist
Sing wes punya mobil, yang dipinjemin kantor, atau yang berangan angan punya mobil..sebaiknya perlu tahu apa yang jadi pengalaman maspoeloeng merawat beberapa mobil. Pernah pinjem pernah dipinjemi dan sekarang punya sendiri ra ketang tahune tuwek.

Well, mobil pribadi memang sarana transportasi yang nyaman. Panas ga kepanasan, hujan ga kehujanan. Simpel nya..demi mendapat kenyamanan itu orang rela belajar nyetir sampai rela beli mobil yang harga nya nggak waras.

Tapi kalau bisa nyetir saja apa gunanya beli mobil. Ya to? Soalnya mobil tak cukip cuma dinaikin aja. Lebih lebih kalau mobilnya masih kredit…waduh lak sayang kalau beberapa part belum waktu nya udah ganti. Karena kecerobohan dalam mengemudi.

Apalagi di musim hujan. Maspoeloeng ada beberapa tips agar mobilmu aman selama melewati masa masa musim hujan.

1. Jangan parkir di bawah pohon.
Ini nih yang suka bikin lupa pengendara. Pengemudi yang lalai sering menaruh mobilnya dibawah pohon. Alasannya biasanya cari teduh..tapi lha mak bedunduk datang hujan. Duar der dor petir menyambar..angin bertiup..dan bruaakkkk!!!!! Pohon pun tumbang nibani mobilmu. Diijoli tukang asuransi? Mungkin sih..tapi kan perlu waktu dan itu kalau kamu ikut asuransi. Apalagi tuh mobil punya kantor..syukur atasanmu baik..kalau atasanmu cerewet dan kantor mu pelit e minta ampun….wah alamat iki…

2. Jangan kemudikan mobil dengan kecepatan tinggi.
Bahaya mas mbak.. Hujan yang membasahi aspal akan membuat jeda pada permukaan ban dan aspal. Akibatnya sering roda kehilangan traksi. Kurang menggigit ngono. Kalau mobil yang udah ABS sih gapapa..asal tetap feeling so good sopirnya. Nah kalo mobil nggak ada fitur ABS.. Niatnya ngerem malah ngloyor….bruaakkkkk, nabrak ngarep mu ditabrak mburimu.. Double sandwich.

3. Nyalakan lampu bahaya jika hujan sangat lebat.
Ada hubungannya dengan nomer 2. Intinya jika hujan sangat lebat, hindari mengemudi dengan jarak sangat dekat. Sebaiknya nyalakan lampu bahaya untuk memberi tahu rekan driver di belakang kita supaya nggak ngloyor.. Ingat..mungkin bukan kamu yang salah dalam menggunakan kecepatan. Tapi karena minimnya informasi tanda yang kamu berikan..bisa jadi driver dibelakang tidak tahu kalau kamu jalan pelan. Oke?

4. Hindari track berlubang.
Kalau sudah familiar dengan jalan yang sering dilewati..its no problem. Lah..kalau belum..sebaiknya pertimbangkan agar kamu tidak melewati track yang berlubang. Kenapa? Karena kita nggak tau..siapa tau pas njeglong..ada paku guedhee.. Apes… Udah hujan malah kebanan.

5. Jika AC mati jangan paksa jalan
Fitur AC bukan sekedar buat adem ruangan kabin. AC bisa menstabilkan suhu didalam kabin dan membuang uap air yang terjadi akibat pernafasan kita. Uap air ini akan membasahi kaca bagian dalam sob..kalau hujan lebat dan AC kamu matiin. So…kalau AC mati lebih baik minggir saja deh tunggu hujan reda.

6. Segera cuci/siram pakai air kran.
Naah..kalau sudah sampai rumah..segera deh kamu cuci atau minimal siram aja mobilnya pakai air kran/air tanah supaya air hujan yang membasahi mobil segera lenyap. Air hujan bisa menyebabkan karat yang ber efek pada umur parts dan kenyamanan berkendara. Terutama bagian rem nih. Oiya lepas itu jangan lupa dilap pakai kanebo dan mobil mu siap buat jalan lagi esok hari.

Demikian sekedar informasi yang bisa maspoeloeng share.. Keep safety driving yo guys..eman eman mobil e..eman eman nyawane.

Eh..asline eman mobile opo eman nyawane sih? 🙂

Eman nyawaneee… Ah tenane?????

Leave a comment